Renungan Kehidupan


Sahabat Fillah,.
Jdikanlah hidup kita lebih berguna untuk orang lain dan diri kita sendiri sebab dalam kehidupan ini kita seagai manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan pernah lepas dari saling membutuhkan satu sama lainnya,
Sahabat dalam kehidupan ini alangkah indahnya jika kita bisa saling menasehati daagi,baik itu berbagi ilmu yang bermanfaat atau pun berbagi yang lainnya,
hilangkanlah sifat sombong,angkuh karna semua itu akan membawa kita kedalam kerugian sehingga orang-orang disekeliling akan menjauhi kita,

tiada manusia yang kaya atau miskun dalam pandangan hidup ini karna hidup adalah ujian dan harta merupakan salah satu ujian buat kita seberapa mampukah kita membawa harta yang di titipkan oleh Allah swt untuk kita,apakah harta itu akan menjerumuskan kita kedalam kehinaan atau akan membawa kita kedalam kebahagiaan di dunia dan akhirat,

Untuk bahan renungan kita :

Kamu ingin terisi,Tetapi segala sesuatu yang terisi penuh pastilah pertama kali harus kosong terlebih dahulu kosongkan dirimu lalu engkau akan terisi dengan benar,dengan mempelajari nasehat ini,ini akan menjadi tugas bagi dirimu sendiri.

jangan pernah biarkan dirimu tenggelam dalam lautan duniamu,karena sekali kau tenggelam sulit akan k…au dapati dirimu akan terapung kembali jika tanpa pertolongan-Nya dekatkan dirimu pada tuhanmu dengan cara-cara yang disukai-Nya..? Jangan biarkan dirimu selalu ada dalam kesombongan diri dan riya lupakan segala sesuatu yg menyangkut akan kedirianmu semua itu terjadi hanya karena kehendak-Nya dan atas kemauan-Nya atas dirimu Gapailah selalu cinta dan segala sesuatu yg berkaitan dengan-Nya segala atribut dan nama-nama Indah-Nya,

Semoga Allah selalu membimbing dan menyertai setiap langkah kita dalam menempuh perjalanan dijalan-Nya..

Kita adalah mata pena yang tajam, yang siap menuliskan kebenaran.
Kita adalah panah-panah terbujur, yang siap dilepaskan dari busur

Ya Allah,
Aku hadapkan wajah kuyu ku kehadapan-Mu. Aku mohon ampun atas segala khilaf. aku menyadari betapa aku sangat lemah dan senantiasa tergantung pada-Mu. Rabbi, Anugerahilah aku ketaatan kepada-Mu sepanjang hayat ku. Tunjukilah aku kepada sesuatu yang membuat E…ngkau ridho kepada ku, dan lindungilah aku dari segala sesuatu yang menyebabkan terbitnya murka-Mu pada ku.

Ya Rabb,
Aku ketuk pintu taubat-Mu, ampuni karat-karat dosa ku. Leraikan aku dari tamak dunia dan dominasi ambisi Lepaskan aku dari sesak durjana dan nafsu amarah yang hanya akan mengurangi kemuliaan ku di hadapan-Mu. Rabbi, tiada Tuhan selain Engkau, terangilah hati ku dengan cahaya-Mu yang tiada pernah pudar, lapangkanlah dada-dada ku dengan limpahan keimanan kepada-Mu dan keindahan bertawaqal pada-Mu.

Ya Rabbana,
Jangan jadikan tafakur ku ini hanya sebatas rangkaian kata dan penghias lisan ku. Jadikanlah ia hijab yang tangguh dan kaca yang bening di tengah pertarungan yang haq dan batil dalam hidup ku yang senantiasa aku hadapi dalam setiap tarikan nafas ku
Sulit ku bertahan, jika tidak aku perbarui terus perjanjian ku dengan-Mu.
Sulit aku tenang, jika tidak selalu ku sebut nama-Mu dalam muhasabah harian ku.

Dalam menjalankan kehidupan hendaklah kita berfikir bahwa kesempatan akan datang hanya 1 kali jadi pergunakanlah kesempatan itu.

Bangkitlah dari keterpurukan,
Senyumlah, tinggalkan sedihmu. Bahagialah, lupakan takutmu. Sakit yang kamu rasa, tak setara dengan bahagia yang akan kamu dapat.
Airmata tak selalu menunjukkan kesedihan, terkadang karena kita tertawa bahagia bersama sahabat terbaik kita.

Athibba kasbaka tustajab da’watuka.
Perbaikilah pekerjaanmu niscaya do’amu dikabulkan

Tidaklah sempurna iman seseorang yang hanya meyakini didalam hati dan mengucap di dalam kata, tetapi hampa dalam perbuatan. Pandai membuat pernyataan, tetapi bodoh mewujudkanya dalam kenyataan

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkanNya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”. (At-Tahriim ayat 6)

Firman Allah swt : “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.”

“Dan tatkala orang-orang mukm…in melihat golongan-golongan yang bersekutu itu, mereka berkata: Inilah yang dijanjikan Allah dan Rasul-Nya kepada kita”. Dan benarlah Allah dan Rasul-Nya. Dan yang demikian itu tidaklah menambah kepada mereka kecuali iman dan ketundukan.” (Q.S. Al Ahzab :21-22)

“Mengapa kita sangat sibuk untuk memikirkan kesalahan orang lain sehingga kita lalai terhadap kesalahan-kesalahan sendiri, padahal yang pasti membahayakan adalah kesalahan diri sendiri”

sesulit apapun hidup kita janganlah menjadi suatu alasan untuk kita terpuruk dalam keputus asaan namun bangkit dan raihlah hari esok agar lebih baik dari hari ini,jadilah seseorang yang berharga untuk orang lain dan jangan jadikan keegoisan kita yang menyakiti perasaan orang lain,hargai dan hormatilah orang lain serta jaga hatinya selalu, satu hal dalam hidup ini “Daun yang tertiup angin hari kemarin takkan mungkin pernah kembali esok hari”

“Betapa bahagianya dia!
Yaitu orang yang mengingat kuburnya, kemudian ingat kepada Rabb-Nya, orang yang selalu mengoreksi diri, mensucikan hatinya, berbakti kepada kedua orang tuanya, orang yang suka menangis meneteskan air matanya (karena takut kepada Allah) dan dilanjutkan dengan sujud (orang yang memelihara shalatnya), ia bersegera menuju masjid, rajin shalat malam, selalu memaafkan saudara-saudaranya dan mendo’akan untuk mereka kebaikan serta menyalahkan dirinya, ia tidak lupa dengan dzikir nya (sesuai dengan tuntunan Rasulullah saw), maka betapa bahagianya dia, Hendaklah kita semua menjadi orang itu…”

Allahumma innii as aluka minal khoiri kullihii ‘aajilihii wa aajilihii maa ‘alimtu minhu wa maa lam a’lam
wa a‘uudzu bika minassyarri kullihii ‘aajilihii wa aajilihii maa ‘alimtu minhu wa maa lam a’lam
Allahumma innii as aluka min khoiri maa sa alaka ‘abduka wa nabiyyuka
Wa a‘uudzu bika min syarri maa‘aa dza bihii ‘abduka wa nabiyyuka

Allahumma innii as alukal jannata wa maa qorroba ilaihaa min q…owlin aw ‘amalin
Wa a ‘uudzu bika minannaari wa maa qorroba minhaa min qowlin aw ‘amalin
Wa as aluka an taj ‘ala kulla qodhoo in qodhoitahuu lii khoiron

Ya Allah aku memohon kepada-Mu dari segala kebaikan baik yang cepat (di dunia) maupun yang lambat (di akherat) , apa yang aku ketahui dan apa yang belum aku ketahui.
Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan baik yang (di dunia) maupun yang lambat (di akherat), apa yang aku ketahui dan apa yang belum aku ketahui.
Ya Allah aku memohon kepada-Mu dari kebaikan seperti yang dimohon hamba-Mu dan nabi-Mu.
Ya Allah aku memohon kepada-Mu surga dan apa yang dapat mendekatkan kepadanya baik ucapan maupun amalan. Aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan apa yang dapat mendekatkan kepadanya baik ucapan maupun amalan.
Dan aku memohon kepada-Mu agar Engkau menjadikan setiap keputusan yang Engkau putuskan kepadaku itu baik untukku…

Aamiin ya rabbal’alamiin…

Semoga dapat menjadi bahan renungan kita dan dapat diambil hkmahnya…

~ oleh Vandi Al-faqir pada 27/03/2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: